Sopian

|

Berkat penampilan apiknya bersama Jakarta BNI Taplus di Sampoerna Hijau Voli Proliga 2008, Sopian dipanggil untuk memperkuat tim nasional senior voli Indonesia dalam kualifikasi Olimpiade 2008 Beijing. Masuk timnas voli senior merupakan impian Fian.

Oleh Bogi dan Pippin


Keputusan Sopian memperkuat Jakarta BNI Taplus di Sampoerna Hijau Voli Proliga 2008 berbuah manis. Berkat penampilan apiknya, Dia dipanggil untuk memperkuat tim nasional voli Indonesia dalam kualifikasi Olimpiade 2008 Beijing di Portugal 30 Mei hingga 1 Juni 2008. Hal inilah yang didambakan Sopian selama ini. "Saya sudah beberapa kali gabung di timnas yunior, tapi kalau yang senior baru kali ini", tutur pria kelahiran Bandar Selamet Satu, 5 Agustus 1985, yang mengaku bermimpi bisa memperkuat timnas voli senior.

Sebenarnya, Fian sudah dipanggil untuk memperkuat timnas voli Indonesia, tapi untuk yunior. Terhitung, putra dari pasangan Untung dan Semi ini dua kali memperkuat timnas yunior voli Indonesia. Yakni di Hongkong pada 2003 dan Qatar 2004. Prestasi inilah yang membuat klub Surabaya Samator berniat merekrut Pian pada 2007. Sayang, PBVSI Sumut tak memberikan izin. Sebab, jika pemain yang berposisi open spiker ini bergabung dengan Samator, maka Fian bakal memperkuat Jawa Timur untuk kejuaraan yang bersifat nasional ini.

Fian, begitu Sopian biasa disapa, sudah mengenal voli sejak kecil. Namun, dia baru-baru benar serius menekuni olahraga yang dimainkan enam orang ini sejak duduk di kelas dua sekolah menengah atas. Demi bermain voli di klub BPN, dia harus hijrah ke Kota Medan, Sumatra Utara. Sebelumnya sejak duduk di sekolah dasar sampai kelas satu SMA, ia menempuh pendidikan di kampung halamannya di Kabupaten Labuan Batu, sekitar enam hingga tujuh jam dari Kota Medan.

Kini,agar dia tetap dapat selalu memperkuat timnas voli senior, Fian berusaha berlatih seoptimal mungkin. Ya, setidaknya itu yang harus dilakukan bungsu dari empat bersaudara ini. Mantan tosser timnas yang juga rekan Fian di Jakarta BNI Taplus Loudry Maspaitella menilai secara teknik yuniornya itu sudah bagus. "Tapi, dia belum bisa bermain taktis seperti bagaimana mematikan tim lawan dengan tidak harus smas keras," begitu penilaian Loudry yang diingat oleh volimania saat final four Proliga 2008 di Bandung, Jawa Barat, April silam. Selain berlatih keras, Fian selalu menyerahkan semuanya kepada yang di Atas.

Biodata

Biodata

Nama : Sopian

Panggilan : Fian

TTL : Bandar Selamet Satu, 05 Agustus 1985

Ayah/Ibu : Untung/Semi

Anak ke : 4 dari 4 bersaudara

Posisi : Open Spike

Tinggi : 190 cm

Berat : 83 kg

Smas : 325 cm

Blok : 310 cm

Prestasi : - Runner Up Proliga 2008 bersama Jakarta BNI Taplus
- Juara 3 Kerjurnas Pra-PON 2007
- 2003 Bergabung di club BPN, Medan
- 2003 POPNas di Makasar
- 2003 Masuk TImnas Junior ke Hongkong
- 2004 Masuk Timnas Junior ke Qatar
- 2006 Proliga tergabung di PLN

Hobi : Bola Voli dan Berenang
Buku : Komik
Makanan : Sop Buntut
Film : action
Musik : Ungu
Pemain Idola : David Beckham

0 komentar: